H. Hendri Pimpin Tim PKKM Kemenag Sumbar ke MIN 1 Solok

hendri
Solok, SuhaNews. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri berkunjung ke MIN 1 Solok (MIN Gantung Ciri) bersama tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 2020 , Kamis (8/10).

Kedatangan Kakanwil di green campus MIN 1 Solok disambut oleh kepala MIN 1 Solok Elvi Yoseva, S.Pd.I berserta tenaga pendidik dan kependidikan. Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok ikut mendampingi bersama para Kepala Seksi dan kepala madrasah di Kab. Solok.
Dalam hantaran katanya H. Hendri menyampaikan bahwa penilaian kinerja kepala madrasah yang dilakukan oleh Kementerian Agama, adalah cara untuk mendorong madrasah terus maju berada di garis depan pendidikan di Indonesia.

“Madrasah hebat bermartabat itu lahir karena kepiawaian tenga pendidik dan kependidikan dalam mengelola dan menata pendidikan di madrasah. Namun tidak dapat dipungkiri semua itu juga berkat peran Kepala Madrasah selaku top manager,” ujar H, Hendri.

Lebih lanjut dijelaskan, selain bertugas mengajar dan mendidik para siswa, guru yang diberi tugastambahan sebagai kepala madrasah juga memiliki beban dan peran dalam membawa madrasah berada di garis terdepan dalam dunia pendidikan.

Untuk itu Kepala madrasah hendaklah piawai dalam memenej lingkungan madrasah serta membangun komunikasi dengan semua lini, baik lembaga pemerintah maupun masyarakat.

“Program yang digagas kepal madrasah tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari internal madrasah, lembaga pemerintah lainnya dan yang tak kalah pentingnya adalah masyarakat. Karena keberhasilan madrasah dalam menorehkan prestasi akan jadi kebanggaan masyarakat,” jelas H. Hendri.

H. Hendri juga menyebut, PKKM ini juga sekaligus menjadi ajang evaluasi yang anantinya akan menjadi masukan bagi Kementerian Agama terhadap karir kepala madrasah, apakah yang bersangkutan akan dimutasi, promosi maupun demosi.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar yang ditemui disela acara kepada SuhaNews menyebut bahwa PKKM ini merupakan suatu evaluasi sekaligus tantangan dari Kementerian Agama untuk oara guru madrasah dalam mewujudkan madrasah hebat bermartabat sekeligus merintis karir.

Ditambahkan oleh H. Alizar, sungguhpun judulnya penilaian kinerja kepala madrasah, namun dalam kesempatan ini tim penilai juga mengevaluasi kinerja guru, tenaga pendidikan, fasilitas dan lingkungan madrasah hingga prestasi yang ditorehkan oleh keluarga madrasah.

“Selain tingkat Ibtidaiyah, penilaian juga dilakukan ditingkat Tsanawiyah dan Aliyah. Semoga ada kepala madrasah kita yang nantinya jadi duta kabupaten Solok,” tutup H. Alizar.

Sepanjang masa kepemimpinan Elvi Yoseva, S.Pd.I di MIN 1 Solok telah banyak torehan prestasi dari madrasah kebanggaan nagari Gantung Ciri ini. Baik secara individu oleh siswa dalam berbagai event ditingkat Kecamatan, Kabupaten hingga propinsi.

Tak hanya bidang akademik, prestasi MIN 1 Solok juga dari bidang agama, olahraga, seni, dan pramuka. Ini berkat kegiatan ekstra kurikuler yang berjalan dengan baik di MIN 1 Solok.

Dalam pembangunan juga terjadi perkembangan yang baik, salah satunya musala yang dibangun dengan wakaf dari salah satu walimurid. Sehingga saat ini MIN 1 Solok memiliki musala 2 lantai yang cukup representatif.

Saat ini MIN 1 Solok memiliki 254 siswa yang terbaik dalam 11 rombongan belajar dengan tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 25 orang.

Tahfiz dan penguatan karekter lewat pendalaman pendidikan agama menjadi program unggulan MIN 1 Solok dalam mendidik siswa-siswinya. Sedangkan secara akademik, sains dan teknologi menjadi program pembelajaran untuk menggapai prestasi akademik Bai | Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...