Layanan BK SMP; Bimbingan Klasikal Bidang Pribadi Tentang Bersyukur

Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa dan Negara

Layanan BK SMP; Bimbingan Klasikal Bidang Pribadi Tentang Bersyukur

oleh : Andra Datuak

Kalau kita amati, setiap sambutan pada acara atau kegiatan tertentu selalu dalam awal sambutannya kita diajak untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sungguh hal ini bukan acara rutinitas atau pemanis kata-kata belaka.

Ternyata bersyukur, selain menyehatkan jiwa raga, juga mendorong terjalin dan terbinannya persahabatan antar manusia. Tuhan pun berjanji kalau kita bersyukur tentu nikmat-nikmat yang kita terima akan terus bertambah.

Layanan BK SMP; Bimbingan Klasikal Bidang Pribadi Tentang Bersyukur

Dalam karya ilmiah itu para ilmuwan meneliti peran sikap bersyukur atau berterima kasih yang muncul secara alamiah dalam perkumpulan mahasiswa di perguruan tinggi selama acara “pekan pemberian hadiah” dari anggota lama kepada anggota baru. Para anggota baru mencatat tanggapan atas manfaat yang mereka dapatkan selama pekan tersebut.

Temuan Ilmiah Modern: Syukur Menambah Nikmat ! Aneka manfaat syukur Selain jalinan persahabatan yang baik, sikap bersyukur kini terbukti secara ilmiah memicu pula aneka manfaat lain.

Di antaranya manfaat kesehatan jasmani, ruhani dan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik. Tidak heran jika “gratitude research” atau “penelitian tentang sikap bersyukur” menjadi salah satu bidang yang banyak diteliti ilmuwan abad ke-21 ini.

Profesor psikologi asal University of California, Davis, AS, Robert Emmons, sekaligus pakar terkemuka di bidang penelitian “sikap bersyukur”, telah memperlihatkan bahwa dengan setiap hari mencatat rasa syukur atas kebaikan yang diterima, orang menjadi lebih teratur berolah raga, lebih sedikit mengeluhkan gejala penyakit, dan merasa secara keseluruhan hidupnya lebih baik.

Dibandingkan dengan mereka yang suka berkeluh kesah setiap hari, orang yang mencatat daftar alasan yang membuat mereka berterima kasih juga merasa bersikap lebih menyayangi, memaafkan, gembira, bersemangat dan berpengharapan baik mengenai masa depan mereka.***

BACA JUGA  Alm. Muhammad Hatta, Mantan Camat Lembah Gumanti Yang Mengabdi Jadi Wali Nagari

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDitnarkoba Polda Sumbar Ringkus Bandar Sabu, BB 2 Kg
Artikel berikutnyaBaznas Pesisir Selatan Bantu Warga untuk Bedah Rumah Tidak Layak Huni