Majukan Pendidikan, STKIP PGRI Sumbar Siap Menampung Anak Tanah Datar

pendidikan
Yayasan STKIP PGRI Sumbar siap menampung anak Tanah Datar untuk kuliah
Batusangkar, SUhaNews – Ketua Yayasan Pendidikan PGRI Sumbar Dr. H. Dasrizal M.P, yang merupakan putra asli Tanah Datar menggelar dialog seputar pembangunan pendidikan di Tanah Datar bersama Wabup Zuldafri Darma, Wali Nagari Limo Kaum, Wali Jorongnya dan Wali Jorong se-Nagari Batipuah Baruah, di Rumah Dinas Wabup di Ponco Malana, Rabu (19/8/2020) malam.

“Kita siap membantu kesuksesan program pendidikan di Tanah Datar,” jelas Dasrizal.

Peningkatan sektor pendidikan, jelas Dasrizal, menjadi salah satu program utama pembangunan Tanah Datar yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Luhak Nan Tuo tidak mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah yang bisa memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karean itulah SDM perlu diasah agar lebih baik.

“Saya bertemu Wabup seminggu lalu di sebuah kegiatan di Balimbiang, dan dalam kesempatan singkat itu beliau memaparkan bagaimana Pemda Tanah Datar begitu konsen agar generasi muda usia sekolah di Tanah Datar tetap bisa melanjutkan pendidikan bahkan sampai perguruan tinggi,” jelas Dasrizal.

Melihat tekad beliau,tambah Dasrizal, saya pun berfikir sebagai putra asli Tanah Datar siap membantu sesuai bidang saya.

Dasrizal memaparkan bahwa STKIP PGRI Sumbar merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Padang yang telah berdiri sejak tahun 70-an dan telah melahirkan sarjana dan alumni sampai 25 ribuan dengan 14 Program Studi saat ini.

“STKIP PGRI Sumbar siap menerima anak usia sekolah Tanah Datar untuk kuliah di sana,” jelas Dasrizal.

Sebagai sumbangsih Yayasan, jelas Dasrizal, anak Tanah Datar akan digratiskan uang pembangunan sampai 70% atau hanya Rp1 juta, Setelah kuliah ada program beasiswa, sehingga juga akan membantu mahasiswa nantinya,

Wakil Bupati Zuldafri Darma mengungkapkan bahwa dialog dan audienso ini,  melaksanakan dialog dan audiensi sengaja digelar bersama Wali Nagari Limo Kaum, Wali Jorongnya dan Wali Jorong se-Nagari Batipuah Baruah untuk menyampaikan potensi yang ada di STKIP PGRI Sumbar.

“Tidak ada anak usia sekolah di Tanah Datar yang tidak bersekolah karena alasan tidak ada biaya, begitu juga dengan masuk perguruan tinggi Negeri juga dibantu Pemda dan Baznas Tanah Datar,” ujar Wabup.

Kita masih meemukan di lapangan, ada anak kita yang tidak lulus di Perguruan Tinggi Negeri, tetapi tetap semangat ingin kuliah, karena takut kuliah di swasta karena dana untuk kuliah dibutuhkan cukup besar. Karena itulah STKIP PGRI menjadi salah satu solusi.

“Alhamdulillah Yayasan Pendidikan PGRI Sumbar siap membantu anak-anak Tanah Datar yang mau kuliah di sana dengan beberapa keringanan,” jelas Zuldafri Darma.

Peluang ini bisa dimanfaatkan. Tidak hanya bagi perwakilan yang hadir malam ini, tapi juga bagi seluruh masyarakat Tanah Datar. Silahkan data anak-anak sampaikan ke Saya atau langsung kepada Yayasan, beliau siap membantu,” tukas Wabup.

Dalam sesi diskusii, Wali Nagari Limo Kaum Gusrizal akan memanfaatkan peluang ini. Semoga langkah ini menjadi solusi bagi generasi muda untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ujarnya.

Wali Jorong Subang Anak Nagari Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuah Jon Sati juga menyatakan sangat senang dengan informasi ini.

“Insya Allah, kita akan menyosialisasikan potensi ini kepada masyarakat, sehingga anak-anak bisa kuliah di Perguruan Tinggi menggapai cita-cita mereka,” tukas Jon Sati.

Reporter: Dajim       Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...