Meriahnya Pembukaan MTQ ke 39 Tingkat kecamatan X Koto Diatas

Meriahnya Pembukaan MTQ ke 39 Tingkat kecamatan X Koto Diatas
Tanjung Balik, SuhaNewsBupati Solok yang diwakili oleh Asisten III, Editiyawarman, S.Sos.M.Si didampingi Kakan Kemenag H. Zulkifli dan Kabag Kesra H. Yoserizal membuka MTQ Nasional ke 39 Tingkat Kecamatan X Koto Diatas di nagari Paninjawan, Senin (27/6).

Ketua panitia, Harmen,SH. dalam laporannya menyampaikan, MTQ ke 39 ini diikuti oleh 186 khafilah dari 9 nagari di kecamatan X Koto Di atas. Dengan cabang-cabang lomba tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, tartil dasar, menengah dan umum, Hifzil Qur’an, MSQ dan Khutbah Jumat.

Dengan memakai 3 lokasi, yaitu Mesjid Baitul Makmur Aia Batumbuak, masjid Raya Paninjawan dan Serbaguna nagari Paninjawan. Dengan sumber dana dari seluruh ASN yang ada di kecamatan X Koto Diatas, pemerintahan nagari dan seluruh masyarakat dan para perantau di kecamatan X Koto Di atas.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Solok, H.Zulkifli,S.Ag,MM. memberikan apresiasi kepada kecamatan X Koto Di atas, sebagai kecamatan yang sudah mengangkat kegiatan pembukaan MTQ yang sangat meriah. MTQ adalah salah satu ajang dalam bentuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah kita sebagai umat Islam.

“Rasulullah menyebutkan, hancurnya umat Islam disebabkan oleh 3 faktor, pertama pada akhir zaman Al-Qur’an hanya dijadikan sebagai hiburan. Kedua, orang-orang muslim dan shaleh taat kepada orang-orang yang bejat dan terakhir Al-Qur’an hanya dijadikan sebagai hiasan, pajangan dalam lemari, disimpan hanya dalam perpustakaan, bukan lagi menjadi bacaan rutin setiap hari. Karena itu melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an kita amalkan syiar rasulullah dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai sahabat. Karena sebagai sahabat nantinya dia akan selalu setia, akan selalu dikenang,” urai Zulkifli di akhir sambutannya.

Bupati Solok yang diwakili oleh asisten III, Editiyawarman,S.Sos,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan tanamkan nilai-nilai keimanan melalui Al-Qur’an, pesan-pesan moral yang ada dalam Al-Qur’an hendaknya kita amalkan. Melalui MTQ bisa kita jadikan cerminan, karena MTQ itu memiliki misi agamais, berakhlak mulia, menciptakan generasi qur’ani dan seni Al-Qur’an yang tiada duanya. Editiyawarman mengajak masyarakat, melalui MTQ budayakan baca Al-Qur’an dan ramaikan masjid sebagai sarana ibadah.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Buka Musrenbang RKPD Tahun 2023

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Solok yang didampingi oleh Kakankemenag Kab.Solok, Kabag Kesra Kab.Solok, Camat X Koto Di atas, KUA kec.X Koto Diatas, dan Wali Nagari Paninjawan. Dilanjutkan pemasangan kokarde kepada perwakilan peserta.

Kegiatan pembukaan ditutup dengan pawai sekeliling nagari Paninjawan, dan dilanjutkan kegiatan-kegiatan lomba yang akan berlangsung dari tanggal 27-28 Juni 2022. Yen

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Sijunjung Ikuti Kegiatan Menembak Eksekutif HUT Bhayangkara Ke-76
Artikulli tjetërFilm Karya Penghulu di Simpati Pasaman Masuk Nominasi 10 Terbaik Sumbar