Operasi Pasar Bawang Putih di Tanah Datar Disambut Antusias

Operasi Pasar Bawang Putih di Tanah Datar Disambut Antusias
Operasi pasar bawang putih
Batusangkar, SuhaNews – Operasi Pasar Bawang Putih yang digagas bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Tanah Datar disambut antusias masyarakat. Sambutan positif terebut terlihat di pasar Serikat C Batusangkar, Kamis (27/02) tempat operasi pasar digelar.

“Operasi pasar bawang putih ini bisa meringankan beban dapur,” jelas Iis, Ibu rumah tangga yang membeli 0.5kg bawang putih seharga Rp16.000.

Dari pantauan, SuhaNews, bukan hanya bawang putih yang  bisa didapatkan masyarakat dari operasi pasar ini, pemerintah juga menyediakan telur, cabai dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Saat ini harga bawang  putih  di tingkat pedagang berkisar Rp40-45 ribu per kilo.Melalui operasi pasar ini, pembeli  bisa mendapatkan dengan hargaRp32.000/kg. Kualitasnya pun tidak diragukan.

“Operasi pasar hendaknya sering dilakukan, bukan hanya sekali saja,” tambah Niar, ibu rumah tangga lainnya.

Ibu-ibu rumah tangga, jelas Niar, tentu saja sangat senang dengan adanya operasi pasar seperti ini. Namun kalau hanya sekali dan bahan harian yang disediakan terbatas, tentu tidak dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Karena itu, ia berharap operasi pasar makin sering digelar dan menyediakan sembilan kebutuhan pokok.

Sementara itu Kadis Pangan dan Perikanan Tanah Datar Daryanto Sabir menyampaikan, bahwa operasi pasar ini bertujuan untuk menstabilkan harga. Saat ini harga bawang putih melonjak naik, ini disebabkan dampak virus corona yang sedang mewabah.

Disambut antusias

“Kita menyediakan 1 ton bawang putih untuk masyarakat dengan harga jual Rp32 ribu/kg,” jelas Daryanto.

“Ketersediaan bawang putih di Tanah Datar relatif aman, namun karena impor dari China terhenti, makanya harga beranjak naik,” tambah Daryanto.

Dengan adanya operasi pasar ini, papar Daryanto, harga kembali normal, nilai jual kembali naik, sehingga transaksi di pasar berjalan lancar, agar ekonomi kembali stabil.

BACA JUGA  501 Unit Alsintan Prapanen untuk Keltan di Agam dari Pokir DPRD Sumbar

Reporter: Dajim     Editor: Wewe 

Baca Juga:

 

 

Facebook Comments

loading...