Jama’ah Haji Kota Bukittinggi Laksanakan Thawaf Ifadhah dan Sa’i dengan Lancar

Jama’ah Haji Kota Bukittinggi Laksanakan Thawaf Ifadhah dan Sa'i dengan Lancar
Bukittinggi, Suhanews–Setelah selesai menunaikan puncak ibadah haji di Arafah, mabit di Muzdalifah dan melempar jumrah di Mina. Rombongan jama’ah haji Kota Bukittinggi yang tergabung dengan Kloter II Embarkasi Padang kembali ke pemondokan di Mekah guna untuk beristirahat kemudian, kemudian melaksanakan thawaf ifadah dan Sa’i di Baitullah Masjidil Haram, Senin sore(12/07). Hal ini seperti yang disampaikan ketua Kloter II Embarkasi Padang, Amar Albar Antoni kepada media, Selasa (12/07) melalui Whatsapp.

Ketua Kloter II Embarkasi Padang ini menyampaikan bahwa rombongan Jama’ah haji Kota Bukittinggi menuju ke Masjidil Haram,  setelah sholat ashar rombongan melaksanakan thawaf ifadhah dilanjutkan dengan Sa’i dari bukit Shafa hingga bukit Marwah dan ditutup dengan Tahallul Tsani.

Dijelaskan pula, thawaf ifadhah merupakan salah satu rukun haji yang telah disepakati. Thawaf ini biasa disebut thawaf ziyaroh atau thawaf fardh dan biasa pula disebut thawaf rukun karena ia merupakan rukun haji. Thawaf ini tidak bisa diganti. Setelah  wukuf di Arofah, mabit di Muzdalifah lalu ke Mina pada hari ‘ied, lalu melempar jumrah, lalu nahr (melakukan penyembelihan) dan menggunduli kepala, kemudian jama’ah haji mendatangi Makkah, lalu thawaf keliling ka’bah untuk melaksanakan thawaf ifadhah.

“Setelah ashar Jama’ah Haji Kloter II Embarkasi Padang melaksanakan Thawaf Ifadhah dan Sa’i, dengan pertimbangan kalau ditunda esok hari para Jamaah Haji yang nafar tsani. sudah kembali ke Makkah, maka diprediksi terjadi penumpukan Jama’ah.
Alhamdulillah sesuai rencana thawaf dan sa’i berjalan dengan lancar. Mulai hari ini, Jama’ah melakukan persiapan-persiapan untuk kepulangan ke tanah air, termasuk persiapan koper besar yang akan ditimbang hari Kamis. InsyaAllah dijadwalkan Jumat pagi Jama’ah akan melakukan thawaf wada’ sebelum ke Jeddah malamnya, selanjutnya diberangkatkan ke tanah air Sabtu pagi tanggal 16 Juli pukul 08.55 WAS,” jelasnya. (Yal)

BACA JUGA  2 Penghulu dari Kota Bukittinggi Dipercaya Jadi Pengurus PW APRI Sumbar

Berita Terkait :

bukittinggi bukittinggi bukittinggi bukittinggi bukittinggi 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakDisaksikan Bupati Eka Putra, Ribuan Penonton Saksikan Final BFC Cup 2022
Artikulli tjetërRektor UNP Tinjau Kampus PSDKU di Sawahlunto