Kepala MAN 2 Bukittinggi; Peran Wali Kelas Sangat Penting Dalam Menganyomi Anak Didik

Kepala MAN 2 Bukittinggi; Peran Wali Kelas Sangat Penting Dalam Menganyomi Anak Didik
Bukittinggi, SuhaNews – Peningkatan kualitas siswa di madrasah tidak terlepas dari berbagai pihak termasuk peran wali kelas. Sebagai peran orangtua di madrasah sudah seharusnya wali kelas mengetahui riwayat siswa sampai rencana studi setelah menamatkan pendidikan. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri. J dalam rapat bersama tenaga pendidik, Kamis (25/08).

“Dalam sebuah lembaga pendidikan begitu strategis peran wali kelas dalam mendorong dan membimbing siswanya untuk mencapai prestasi. Pemerintah melalui Permendikbud nomor 15 tahun 2018 tentang beban kerja guru,kepala sekolah dan pengawas. Selain membimbing dan memantau siswa lebih dekat wali kelas juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua siswa atau wali murid demi kemajuan siswa itu sendiri,” ujar Amri J.

Kepala MAN 2 Bukittinggi ini memahami bahwa peranan wali kelas sangat penting, maka perlu dilakukan sebuah pertemuan agar ada satu cara pengayoman dan pendekatan kepada siswa agar tidak ada wali kelas yang tidak dekat dengan siswa ampuannya. Perubahan kurikulum menuntut madrasah agar mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang tidak hanya mampu dalam bidang agama,namun juga unggul dalam ilmu umum,serta keterampilan ekstrakurikuler.

” Bapak ibu wali kelas,kita harus solid dan kerjasama demi kemajuan madrasah. Prestasi ssebuah madrasah tidak hanya dari fasilitas namun berapa banyak alumninya di perguruan tinggi favorit. Kiranya perlu kita menyamakan persepsi untuk harapan tersebut. Apalagi melihat data ternyata lebih 60% siswa kita berasal dari luar kota Bukittinggi,” ulas Amri.

Ditambahkannya, pertemuan dengan wali kelas untuk menyamakan cara kita untuk mengayomi dan memperhatikan siswa kita ini. Terutama yang tidak tinggal dengan orangtua,maka kitalah pengganti orangtuanya. Pastikan semua wali kelas punya data yang lengkap dan valid hingga didalam data tersebut juga harus tampak keinginan siswa atau rencana studi berikutnya. Jangan lupa berikan motivasi bagi mereka yang ingin berprestasi dalam bidang non akademik, karena kita komitmen memberikan pelayanan kepada semua siswa dan mendukung bakat dan minatnya”. Jelas Amri.J didampingi oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Deswita beserta guru Bimbingan Konseling.

BACA JUGA  Buka TC Kafilah MTQ, Bupati Solok: Peraih Medali Mendapatkan Bonus

Pada pertemuan tersebut Kepala MAN 2 Bukittinggi juga berpesan agar semua wali kelas memantau dan mengawal siswa- siswa yang telah memiliki prestasi akademik untuk diarahkan dari sekarang rencana jurusan serta universitasnya. Sehingga kedepannya semakin meningkat angka kelulusan siswa MAN 2 Bukittinggi dalam jalur SNMPTN. (Yuli/Yal)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPerkuat Pendidikan Karakter Bangsa, Jenderal Andika Dukung Kerja Sama UPER dan TNI
Artikulli tjetërSuharso Monoarfa: Tugas Besar Bangsa Indonesia adalah Melakukan Transformasi Ekonomi Indonesia