Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

pemimpin

Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Oleh: Oktozil Nurdia (Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Batusangkar)

Prof. Dr. Zulmuqim, MA dan Dr. Hj. Demina, M.Pd (Dosen Pasca Sarjana IAIN Batusangkar)

 Kepala madrasah merupakan pejabat yang menjalankan peran kepemimpinan dengan kekuasaan yang sah (legitimate power) yang dimilikinya yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai kepala madrasah oleh pejabat yang berwenang.

Kepala madrasah sebagai pemimpin mengemban fungsi dan tugas yang komplek demi terwujudnya madrasah yang bermutu. Ciri-ciri dan sifat kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya menurut Terry dalam Priansa, DJ dan Somad.R (2014 : 194-196) sebagai berikut: pertama energik; kedua stabilitas emosi; ketiga pengetahuan hubungan sosial yang baik dan tepat; keempat Motivasi Pribadi; kelima Keterampilan komunikasi; keenam Keterampilan mengajar: ketujuh Keterampilan sosial; dan kedelapan Komponen teknis yaitu kecakapan menganalisa, merencanakan, menyusun konsep, mengorganisasi, mendelegasikan wewenang, serta mengambil keputusan.

Selanjutnya tentang kepemimpinan Albaros (2012:17) mendefinisikan kepemimpinan merupakan suatu proses yang melibatkan pemimpin dan para pengikutnya, dimana sang pemimpin mempengaruhi mereka untuk melakukan apa yang diinginkannya. Kepemimpinan yang berkaitan dengan kepala madrasah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Perilaku kepala madrasah juga harus dapat mendorong dan meningkatkan kinerja guru dengan cara menunjukkan rasa bersahabat, dekat tapi profesional dan penuh pertimbangan terhadap guru baik secara individu maupun kelompok (Mulyono, 2009:143).

Madrasah yang bermutu adalah madrasah yang keadaan atau kondisinya memiliki sifat-sifat yang sesuai tuntutan ideal dan harapan kepala madrasah, guru, pegawai, siswa, orang tua, penyandang dana, dan pemakai lulusan madrasah (Kosasih ,2010:16).

Agar tuntutan ideal dan harapan tersebut dapat direalisasikan maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh madrsah untuk menuju arah tersebut, sebagaimana dikatakan oleh Sukmadinata, (2010:9-11) bahwa ada beberapa prinsip yang perlu dipegang dalam menerapkan mutu pendidikan diantaranya: a) Peningkatan mutu pendidikan menuntut kepemimpinan profesional dalam bidang pendidikan; b)  Peningkatan mutu pendidikan harus melakukan loncatan-loncatan yang mampu bersaing di dunia global; c) Uang bukan kunci utama dalam usaha peningkatan mutu; d) Kunci utama dalam peningkatan mutu adalah komitmen pada perubahan; e) Memiliki pengetahuan dan keahlian dalam menyiapkan para siswa memasuki pasar kerja yang bersifat global; f) Program peningkatan mutu dalam bidang komersial tidak dapat dipakai secara langsung dalam bidang pendidikan, tetapi membutuhkan penyesuaian dan penyempurnaan, g)  Salah satu komponen kunci dalam program mutu adalah sistem pengukuran; dan i) Masyarakat dan manajemen pendidikan harus menjauhkan diri dari dicapai melalui perubahan yang berkelanjutan tidak dengan program- program singkat.

Di MTsM Sumani menunjukkan keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengantarkan sekolah tersebut menuju pendidikan yang bermutu. Hal itu dibuktikan dengan hasil yang telah dicapai baik bidang akademik maupun non akademik, yakni:

  1. Juara 1 Kepala Madrasah Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat
  2. Juara II Guru Berprestasi Tingkat Kab. Solok Tahun 2017
  3. Juara III Guru Berprestasi Tingkat Kab. Solok Tahun 2019
  4. Juara II Tahfidz 5 Juz Mts Putra Tingkat Kab. Solok Tahun 2018
  5. Juara II Tahfidz Tingkat Kab. Solok Tahun 2017 Sd 2019
  6. Juara II Tahfidz Tilawah Tingkat Kab. Solok Tahun 2017 Sd 2019
  7. Penghargaan Madrasah Berinovasi Dari Kementrian Agama Kab. Solok Tahun 2016
  8. Harapan 1 Cerita Rakyat Tingkat SMP/MTS Dan SMA/MA Se-Sumatra KPAP 2, Tahun 2017
  9. Juara I Tahfidz Tingkat Kab/Kota Solok Tahun 2017
  10. Juara I Lomba Pionering Tingkat Penggalang Se Kota/Kab Solok Tahun 2018
  11. Juara III Lomba Mayoret Devisi Senior Kab. Solok Tahun 2016
  12. Juara II MSQ Tingkat Kab/Kota Solok Tahun 2018
  13. Juara III Lomba Tenis Meja Kab/Kota Tahun 2016
  14. Juara I Badminton Tingkat Kab. Solok Tahun 2017
  15. Juara II Kaligrafi Tingkat Kab/ Kota Solok Tahun 2017
  16. Juara II Field Commader Devisi Senior Tingkat Kab. Solok Tahun 2017
  17. Juara III Grup Marching Band Dalam Rangka HUT RI Ke 74
  18. Juara II Lomba PBB Tingkat Penggalang Tingkat Kab. Solok Tahun 2019
  19. Kontingen Kabupaten Solok Dalam Kegaiatan Kemah Persahabatan Anak-Anak Pesisir (KPAP) Tahun 2017
  20. Group Marching Band Tampil Dalam Upacara 17 Agustus Kecamatan Dan HAB Kemenag Kabupaten Tahun 2018-2019
  21. Perwakilan Kabupaten Solok Tingkat Penggalang Tahu 2019
  22. Haparapan I Dan Favorit Senior Bareh Solok Drumband Tournamen Se Sumatera Tahun 2019
  23. Juara I Tahfidz PA Se Lingkar Danau Singkarak Tahun 2020
  24. Juara 2 Tahfidz PI Se Lingkar Danau Singkarak Tahun 2020
  25. Juara 1 Tahfidz Tingkat Kab/Kota Solok Tahun 2018
  26. Juara 1 MSQ Tingkat SLTP/MTS Savilla Camp 2016
  27. Juara 1 Tahfiz Tingkat SMP/MTS Se-Kab Dan Kota Solok Tahun 2016
  28. Juara II Field Commander Divisi Senior Street Parade Musik Ensemble Solok-Sumbar
  29. Juara II Kaligrafi Tingkat SMP/MTS Se-Kab. Dan Kota Solok Tahun 2016
  30. Juara II Lomba MSQ Tingkat SMP/MTS Se-Kab Dan Kota Solok
  31. Juara II Pentas Seni Dan Yel-Yel Tingkat SLTP/MTS Savilla Camp 2016
  32. Juara III Lomba Mayoret Devisi Senior, Kejuaraan Drumband Multi Event Koni Kab. Solok Tahun 2016
  33. Juara III Pionering Tingkat SLTP/Tahun 2016
  34. Captain Holigan FC Terbaik Liga Futsal Pelajar Muhammadiyah.

Keberhasilan kepemimpian kepala madrasah  dalam meningkatkan mutu di MTsM Sumani  baik akademik maupun non akademik di picu juga dengan adanya kemauan seluruh komponen madrasah untuk meningkatkan mutu madrasah secara kontinyu, terencana dan dilaksanakan penuh tanggungjawab.

Keberhasilan tersebut juga termotivasi oleh persaingan yang sehat dengan SMP unggul yang ada dikecamatan X Koto Singkarak. Oleh karena itu, diperlukan peran penting dari kepemimpinan kepala madrasah dalam suatu lembaga pendidikan untuk mencapai visi, misi dan tujuan madrasah yang telah dirumuskan sebelumnya oleh pihak madrasah.

Cara kepala madrasah mempengaruhi personal madrasah dalam melaksanakan peningkatan mutu yang telah disusun, Kepala madrasah melakukan pendekatan dan memberikan pengertian agar tumbuh kesadaran bahwa apa yang kita lakukan bertujuan untuk keberhasilan yang berprestasi, dan memberikan teguran bagi warga madrasah yang bertindak tidak sesuai dengan harapan madrasah.

Hal lain yang sangat terkait dengan kemampuan kepala madrasah dalam mempengaruhi personal untuk meningkatkan mutu di MTsM Sumani adalah kemampuan kepala madrasah dalam berkomunikasi dan menumbuhkan semangat personal madrasah. Kepala madrasah berkomunikasi langsung melalui pertemuan dengan personal madrasah baik individu maupun klasikal dilaksanakan dalam rapat maupun waktu upacara senin dalam usaha meningkatkan kerjasama guna peningkatan prestasi madrasah.

Komunikasi tidak langsung dilakukan lewat media Handpon (WA) seperti ada guru yang tidak hadir, sambil menunggu tanggapan yang bersangkutan namun kelas yang kosong langsung di tangani oleh guru piket. Sedangkan komunikasi dengan orang tua, setiap awal tahun siswa harus menyerahkan nomor Handpon madrasah. Apabila siswa tidak hadir tanpa berita pihak madrasah akan menghubungi orang tua/siswa, jika sekiranya sulit dihubungi maka guru akan berkunjung kerumah siswa.

Cara kepala madrasah menumbuhkan semangat personal dalam mencapai prestasi sekolah adalah bekerja dengan hati memberikan pengertian bahwa memberikan pelajaran dengan sepenuh hati guna melaksanakan tupoksi , sehingga kita mengajar merupakan ibadah bukan hanya mengharapkan gaji atau upah. Tekankan kepada siswa bahwa belajar merupakan kewajiban, jadilah siswa yang betul-betul niat sekolah dengan dilandasi dengan akhlakul karimah. Membaerikan hadiah dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.

Kemampuan menggerakkan personal merupakan salah fungsi kepemimpinan. Kemampuan tersebut tidak bisa dipisahkan dari kemampuan untuk membimbing, mendorong dan membina personal yang terlibat dalam lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Demikian pula kepala MTsM Sumani pun tidak terlepas dari kemampuan dimaksud.

Cara kepala madrasah membimbing personal madrasah dalam usaha meningkatkan mutu yaitu dengan memberikan bimbingan lebih suka melalui keteladanan dan berbuat langsung, bagaimana personal akan bekerja dengan baik apabila kita sendiri tidak berbuat ssuai dengan harapan. Selain itu perlu melihat sekolah lain yang lebih bagus dan berprestasi.

cara kepala madrsah mendorong porsonil sekolah dalam meningkatkan mutu adalah  sekolah diberikan pemahaman kepada personal madrasah  agar melaksanakan pekerjaan sesuai dengan fungsinya masing-masing disertai dengan komitmen yang tingggi sudah pasti memberikan hasil maksimal. Tanamkan sifat gotong royong dalam melaksanakan suatu kegiatan, membina guru dalam usaha peningkatan hasil belajar dengan mengikut sertakan dalam kegiatan MGMP, pelatihan, workshop, dan melaksanakan pemantauan pada waktu proses belajar mengajar.

 

REFERENSI

Albaros. Muhyidin. 2012. Kepemimpinan Pendidikan. Mengembangkan Karakter, Budaya.  dan Prestasi Sekolah di Tengah Lingkungan Yang Terus Berubah. Yogyakarta : Insan Madani

Kosasih, Engkos. 2010. Implementasi manajemen Strategis. Di Tingkat Satuan Pendidikan Menengah. Bandung: PT Setia Purna invest.

Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Priansa,DJ dan Somad .R. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : CV. Alfabeta

Sukmadinata.N.S., Novi.J.A. & Ahmad. 2010. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah menengah; Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...