Lebaran 1443 H, Tak Banyak Bus Sumbar “Reborn” Yang Beroperasi

Solok, SuhaNews – Pada lebaran 1443 H / 2022 ini tak banyak perusahaan bus Sumbar yang telah berhenti beroperasi “bangkit” kembali. Beda dengan tahun 2021 lalu, banyak PO Bus “Reborn” yang beroperasi melayani perantau mudik dari Jabodetabek Bandung ke Sumbar dan Sebaliknya.

Untuk lebaran tahun ini, hanya PO. Bintang Permata Bunda yang tampak melayani pemudik dengan rute Sumbar – Jakarta – Bandung – Sukabumi sama dengan rute yang diisi oleh PO. Transport Express dan LBJ.

Diantara merk yang muncul tahun lalu, adalah KMS. Perusahaan bus asal Padang Pariaman ini tampil beda dengan mendatangkan armda bus Double Decker (Bus Tingkat) untuk rute Jakarta – Padang – Pariaman via Sitinjau Lauik. Kehadirannya pun fenomenal karena ekstremnya jalur Solok – Padang tersebut.

Berita Terkait :

Selain itu, ada merk Dagang Pesisir yang juga beroperasi selama lebaran serta Harmonis. Sedangkan pemain baru ada Armada Bumi Minang, Putra Paris Jaya, HSB, Reyhan, ANG, TNG dan lainnya. Namun dari beberapa armada perusahaan tersebut, semuanya berbeda warna dan liverynya.

Tak hanya itu perusahaan bus asal Jawa yang memiliki izin trayek ke Sumbar pun tak tampak beroperasi, sebut saja Lorena dengan julukan Si Ijo, ada Sari Mustika yang sempat beropreasi beberapa tahun di rute Sumbar – Jakarta juga tak tampak.

Padahal tahun ini jumlah pemudik jauh meningkat dibanding tahun lalu karena mulai dilonggarkannya aturan pandemi oleh pemerintah.

Namun demikian, dua perusahaan baru di rute ini langsung eksis dengan armada-armada anyarnya. Keduanya adalah PO. Palala milik orang Solok yang mulai beroperasi pada 19 Februari 2022 lalu dan Epastar dengan cirikhas julukan tempat wisata di Sumatera Barat.

BACA JUGA  260 Hewan Kurban Sudah Disembelih di 41 Lokasi Di Padang Panjang

Lebaran 1443 H, Tak Banyak Bus Sumbar "Reborn" Yang Beroperasi 1

Keduanya bersaing bersama perusahaan lainnya seperti NPM, ANS, Gumarang Jaya, Transport Express, LBJ, MPM, Family Raya, dan Sembodo.

Semoga perusahaan bus asal Sumbar kembali bangkit dan melayani perantau maupun warga Minang yang hendak bepergian ke Jabodetabek dan Bandung.  Moentjak

Berita Terkait:

lebaran lebaran

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Agam Lantik Pengurus IKA SMAN 1 Lubuk Basung
Artikulli tjetërGubernur Mahyeldi: Kembangkan Kerja Sama dengan UMKM