Semangat Baru SMPN 5 Lembang Jaya

Semangat Baru SMPN 5 Lembang Jaya
Lembang Jaya, SuhaNews. Semangat mengkuti belajar tatap muka, siswa SMPN 5 Lembang Jaya Kab.Solok, menggelar upacara Senin (13/9) dengan suasana berbeda, petugas upacara memakas jas almamater.

Sekolah yang terletak agak kedalam dan berbatasan dengan nagari dilam tersebut tampil beda disaat upacara bendera yakni semua personilnya mengenakan jas warna coklat sehingga menambah khidmat pelaksanaan upacara di kala cuaca mendung.

Pembina upacara Soni Agustian,S.pdi dalam amanatnya mengutip dari sebuah hadist riwayat Bukhari tentang orang orang yang bangkrut diakhirat kelak.

“Tahukah ananda siapa itu yang disebut orang bangkrut?”apakah orang bangkrut ialah orang yang sudah tak lagi punya uang dan barang.”sahut pembina upacara dihadapan siswa siswi dikala itu.

“Sesungguhnya orang bangkrut di antara umatku ialah yang datang di hari kiamat kelak dengan membawa pahala-pahala salat, puasa, dan zakat; namun dalam pada itu sebelumnya pernah mencaci ini, menuduh itu, memakan harta ini, mengalirkan darah itu, dan memukul ini. Maka dari pahala-pahala kebaikannya, akan diambil dan diberikan kepada si ini dan si itu, kepada orang-orang yang yang telah ia zalimi. Jika pahala-pahala kebaikannya habis sebelum semua yang menjadi tanggungannya terhadap orang-orang dipenuhi, maka akan diambil dari keburukan-keburukan orang-orang itu dan ditimpakan kepadanya; kemudian dia pun dilemparkan ke neraka.” sebut Soni.

Kemudian Soni melanjutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menyampaikan betapa pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama. Sering sekali kita menyaksikan orang yang mengaku umatnya Nabi Muhammad SAW seperti sangat mengandalkan amal ibadahnya bagi keselamatan dan kebahagiaannya di akhirat kelak.

Orang ini begitu yakin akan selamat dari neraka dan akan masuk ke dalam surga karena dia merasa sudah melaksanakan sembahyang, puasa, zakat, dan haji. Bahkan, sering kita melihat orang yang seperti itu kemudian memandang sebelah mata kepada orang lain yang dinilainya tidak setekun dia dalam beribadah, namun mereka lupa justru dengan kesombongan nya lah menjadikan mereka bangkrut di akhirat kelak”,Ucap Soni

BACA JUGA  PSBB Sumbar Berlanjut, Teknisnya Dibahas Bupati dan Walikota

Kalau dikaitkan dengan kata bangkrut tadi maka disekolah sangat erat kaitannya dengan perundungan (bully)”,jelasnya.

Di era sekarang, bullying makin menggila. Di sekolah-sekolah banyak terjadi bullying yang berujung penganiayaan. Berapa banyak anak-anak sekolah yang trauma gegara perilaku ini. Juga sudah tidak terhitung yang sakit, cacat, dan meninggal.

Sedangkan dalam QS. Al-Hujuraat/49: 11). Dikatakan “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) itu lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). Dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita yang lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olok) itu lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri.

Ayat tersebut jelas melarang kita mengolok-olok, menghina, apalagi menyakiti secara fisik kepada sesama, karena bisa jadi orang yang diolok-olok atau dihina lebih mulia dari yang mengolok-olok. Dalam tinjauan apapun, penghinaan adalah perbuatan tercela karena menyakiti hati orang lain. Apalagi dilakukan di hadapan publik. Demikian halnya bullying di dunia nyata dan maya yang berisi umpatan, ujaran kebencian, caci maki, sumpah serapah, atau serangan fisik kepada pihak lain adalah perilaku keji (fahsya’).

Jadi, hukum bullying adalah haram, karena termasuk sikap dan perilaku menyakiti orang lain yang dapat merusak nama baik (citra) atau harkat kemanusiaan. Dengan alasan apapun, bullying tetap dilarang oleh Islam. Bagi para pelaku yang terlanjur melakukannya harus meminta maaf kepada korban agar dosanya diampuni oleh Tuhan. Jadi semua terserah kepada Ananda apakah menjadi orang beruntung atau malah menjadi orang bangkrut”,tutup Soni agustian menyudahi.

Kepala SMPN 5 Lembang jaya Zulkifli,S.pd Sangat mengapresiasi dengan tampil bedanya siswa dalam upacara tadi, itu menandakan bahwa mereka sangat antusias dan ingin berkreasi, secara bertahap kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 5 Lembang jaya akan di aktifkan kembali termasuk alat musik drumband yang hampir 2 tahun vakum akibat pandemi ini”,ungkapnya. Dedi|Moentjak

BACA JUGA  Nyawa Sopir Truk Dihabisi 2 Beradik Karena Antrian Isi CPO

 

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaAzhari, Petani Padang Panjang Berbagi Ilmu lewat Youtube
Artikel berikutnyaAdakan Persami, Satprakoja Kenalkan Pentingnya Sholat Tahajjud