TP PKK Kab. Solok Kunjungi Nagari Panyakalan

PKK Nagari Panyakalan Dikunjungi TP PKK Kab. Solok
Panyakalan, SuhaNews. Sabtu (18/7) bertempat di aula pertemuan Nagari Panyakalan ketua TP PKK Kab. Solok yang di wakili oleh ketua Pokja 1 Ny. Yulia Kasmita, didampingi oleh ketua TP PKK Kecamatan Kubung Ny.Hety Ricki Carnova, memberikan pembekalan mengenai tugas pokok dan fungsi dari pengurus PKK Nagari Panyakalan.

Acara di buka oleh Ny. Neli Agus Evatra selaku ketua TP PKK Nagari Panyakalan. Dalam laporannya Ny. Neli menyampaikan pengurus PKK Nagari sengaja mengundang TP PKK Kabupaten Solok guna memberikan pembekalan, sekaligus motivasi kepada pengurus PKK di Nagari Panyakalan dengan harapan pengurus nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya serta bisa membantu memberdayakan masyarakat.

Ny. Hety selaku ketua TP PKK kecamatan Kubung dalam sambutannya menyampaikan sesuai arahan dari ketua PKK Kabupaten Solok agar setiap Nagari mengaktifkan kembali kelompok Dasa Wisma dan kader kader yang ada dinagari.

Diharapkan nantinya melalaui kegiatan Dasa Wisma tersebut bisa memudahkan pemerintah dalam mendapatkan data data yang valid dan pembinaan juga bisa langsung menyentuh masyarakat contohnya dalam pembuatan TOGA ( Tanaman Obat Keluarga), serta bagaimana memanfaatkan pekarangan selain bisa mendapatkan bahan pangan yang sehat juga bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

Sementra Ny. Yulia Kasmita selaku Narasumber pada cara tersebut menguraikan tugas dan fungi dari setiap pengurus, mulai dari pengurus inti yang harus jeli dan teliti tentang tertib adminstrasi.

Pokja satu bagaimana PKK berperan dalam mengawasi masalah KDRT serta bagaimana pola asuh anak dan remaja. Pokja 2 yang mengurus masalah pendidikan dan keterampilan, bagaimana caranya memotivasi masyarakat dalam peningkatan ekonomi melalui kegiatan UP2K (Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga).

Untuk urusan bagaimana cara mengolah bahan pangan yang Bergaram Bergizi Seimbang dan Aman di konsumsi keluarga, etika dalam berpakaian, tata laksana dalam rumah tangga merupakan tugas dari Pokja 3.

BACA JUGA  Kemenag Kab. Solok Sosialisasikan KMA 494/2020, Pembatalan Keberangkatan Haji

Sedangkan Pokja 4 terkait dengan masalah kesehatan, diharapkan kader kader berperan aktif baik itu dalam kegiatan Posyandu serta masalah kesehatan lainnya terutama yang terkait dengan kasus stunting , bukan lagi hanya fokus ke penderitanya tapi diharapkan juga mengedukasi masyarakat bagaimana cara pencegahannya.

reporter : Oca editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaIryad Maulana Sumbang Gol, Padang Ganting vs PLPP Sumbar Berakhir 1-3
Artikel berikutnyaWali Kota Bukittinggi Bersama 10 Kepada Daerah Lainnya di Indonesia Bakal Terima Anugerah KPAI