Jalan Kaki 4 Km menuju Jamarat, Uji Fisik Jamaah Saat Melontar Jumrah

Jalan Kaki 4 Km menuju Jamarat, Uji Fisik Jamaah Saat Melontar Jumrah
Makkah, SuhaNews – Setelah Wukuf di Arafah, Melontar Jumrah merupakan salah satu agenda wajib Jamaah Haji selama berada di Armuzna. Sabtu (9/7) jamaah haji Kabupaten Solok berjalan kaki sejauh lebih kurang 4 km dari tenda di Mina menuju Jamarat untuk Melontar Jumrah Aqabah.

Jalan Kaki 4 Km menuju Jamarat, Uji Fisik Jamaah Saat Melontar Jumrah 1

Mengingat suhu di Mina yang mencapai 43 derjat celcius pada siang hari, banyak jamaah yang memilih pagi untuk melontar dan melakukan secara mandiri diluar jadwal yang diberikan oleh panitia.

“Kita ingin menunaikan seluruh rangkaian ibadah secara maksimal, walau bisa di ba’dalkan, kita usahakan melakukan sendiri. Karena dari awal sudah diniatkan agar bisa menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah sesempurna mungkin,” ujar Melta, salah satu jamaah dari Kabupaten Solok.

Memang sejak awal manasik, jamaah sudah diingatkan tentang perlunya persiapan fisik untuk melakukan ibadah ini. Dan melontar jumrah satu diantara rangkaian ibadah yang cukup menguras tenaga, namun disini pula ujian keimanan bagi seorang muslim saat melakukan ibadah haji.

Pada hari pertama ini, jamaah melakukan lontar Jumrah Aqabah yang disyaratkan untuk dilakukan bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Sedangkan waktunya sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari pada hari raya.

Untuk besok, jamaah masih dijadwalkan untuk melontar 3 jumrah yang diperbolehkan melakukannya selama hari tasyrik.

Usai melontar di hari pertama jamaah kembali ke tenda di Mina untuk beristirahat dan mengisi waktu dengan zikir, tahsin dan ibadah sunnah lainnya.

Dalam perjalanan dari Mina menuju Jamarat ini, jamaah juga diingatkan dengan tragedi terowongan Mina yang pernah terjadi pada tahun 1990 dan tahun 2015 silam. Namun ini tak surutkan semangat jamaah. Karena selain terowongan Mina, jalan yang dibangun oleh pemerintah Arab Saudi juga dipasang atap, sehingga melindungi jamaah dari terik matahari. Tita

BACA JUGA  12 Tim Safari Ramadhan Sumbar Kembali Dibentuk

Berita Terkait :

jalan jalan jalan jalan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak8 Ekor Hewan Kurban di Potong di Masjid Jihad Parak Gadang Salayo
Artikulli tjetërDiskominfo Padang Berikan Bingkisan pada Anak-anak Berprestasi