Kolom Penyuluh, Peran Ibu Sebagai Madrasah Ula Bagi Anak

Kolom Penyuluh, Peran Ibu Sebagai Madrasah Ula Bagi Anak

Peran Ibu Sebagai Madrasah Ula Bagi Anak

oleh : Refni Dayu, M.Pd, Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan IX Koto Sungai Lasi

Ibu adalah madrasah pertama bila engkau mempersiapkanya maka engkau mempersiapkan generasi terbaik. Kedudukan perempuan di dalam Islam sangat mulia apalagi menyandang status ibu.

Ibu adalah wanita yang telah melahirkan seseorang. Sebuah amanah besar yang diberikan Allah untuk didik dan diajar. Jika direlevansikan pada kondisi saat ini ada tiga tahap pendidikan yang harus dpersiapakan oleh seorang ibu. Pertama masa pranatal seorang ibu hendakanya memiliki cita-cita yang mulia untuk anaknya, mengharapkan anak tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif pada masanya .

Pada saat melahirkan hendaknya seorang ibu berbaik sangka kepada Allah dan memiliki komitmen kuat terkait dengan cita-citanya atas kehadiran sang anak, memberikan nama terbaik dan berdoa kepada Allah.

Pada tahap ketiga hendaknya seorang ibu memilih guru terbaik dan lingkungan yang kondusif agar anaknya dapat berkembang secara baik.

Seorang ibu juga harus memilki iman, takwa, tawakal, iklas, ilmu dan pengalaman agar kelak anak menjadi anak menjadi orang yang terbebas dari berbagai pengaruh negatif yang menjadi efek dari perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat.

Telah menjadi rahasia umum bahwa tantangan terbesar dalam mendidik anak saat ini adalah bagaimana melindungi anak agar tidak menjadi korban gadget. Anak yang sangat intens berintraksi dengan gadget hingga 60% waktunya berdampak pada perangai yang buruk dan rendahnya tingkat kepekaan pada lingkungan sekitar.

Ada sebuah ungkapan Ali bin Abi Thalib mengenai pendidikan anak “ Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamanya karena mereka hidup dizaman mereka bukan pada zamanmu”. Artinya mendidik anak sesuai dengan zamanya karena ilmu bersifat dinamis dan selalu berkembang sehingga metode pengajaranyapun harus menyesuaikan.

BACA JUGA  Banjir Landa MTsN 4 Solok Saat Siswa Libur

Baca Juga :

madrasah madrasah madrasah madrasah madrasah 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak223 Guru PAI Honorer di Kabupaten Solok Terima THR
Artikulli tjetër184 Tenaga Honorer Kemenag Pasaman Terima Santunan Hari Raya dari BAZNAS