MAN 2 Bukittinggi Gelar Tes Psikologi untuk Petakan Bakat Siswa

MAN 2 Bukittinggi Gelar Tes Psikologi untuk Tentukan Bakat Siswa
Bukittinggi, SuhaNews – Salah satu cara untuk mengungkap tingkat kecerdasan siswa, ketahanan belajar, bakat dan minat siswa adalah melalui tes psikologi. Hal ini seperti yang disampaikan Deswita, Plt. Kepala MAN 2 Bukitinggi kepada media.

Untuk memudahkan siswa/i dalam memilih berbagai jurusan di perguruan tinggi setelah tamat dari madrasah, MAN 2 Bukittinggi melakukan tes psikologi untuk kelas XII. Kegiatan tersebut di kemas dengan serangkaian tes tertulis yang dipandu tim psikologi dari lembaga Inspirasi Psikologi.

“Tes psikologi ini  diharapkan dapat mengobservasi kepribadian siswa yang akan digambarkan dalam bentuk skala angka dan kategori lainnya. Dalam dunia pendidikan, informasi ini sangat membantu siswa dalam menentukan jurusan, potensi diri, pekerjaan yang cocok serta karir dimasa depan,” tuturnya.

Selanjutnya Deswita menyampaikan apresiasi yang tinggi atas antusias siswa untuk mengikuti tes psikologi ini. “Alhamdulillah siswa sangat antusias dan semangat, hal ini dapat kita lihat dari jumlah kehadirannya lebih kurang 95 % , 12 siswa yang tidak hadir karena sakit. Kami berharap dari hasilnya nanti dapat memotivasi siswa kami agar melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi,” ujarnya

“Apapun untuk kebaikan siswa/i MAN 2 siap melayani. Setelah hasilnya keluar kami juga akan mengadakan pertemuan dengan orangtua siswa agar juga termotivasi menguliahkan anak- anak mereka. Hasil tes ini dapat menggiring siswa memilih jurusan serta perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan mereka,” ulas Deswita lagi.

Koordinator guru Bimbingan Konseling MAN 2  Bukittinggi Cici Amelia mengungkapkan ” Saya sebagai guru BK sangat senang sekali dengan diadakannya tes psikologi ini untuk siswa,tes ini membantu kami guru BK dalam konseling pemilihan jurusan pada perguruan tinggi untuk siswa kelas XII. Jika kita hitung dari bulan ini lebih kurang 3 bulan lagi siswa sudah mulai mengisi berbagai tawaran kuliah,” sebutnya.

BACA JUGA  22 Mahasiswa IAIN Batusangkar KKN di Sulit Air

“Kami tidak ingin mereka salah langkah sehingga kami mendorong siswa agar serius dalam mengerjakan serangkaian tes ini. Setelah hasil tes tertulis ini keluar akan ada lanjutan sesi wawancara. Tim psikolog dapat membantu pihak madrasah dalam konseling karir bagi mereka,karena dari hasil hari ini mereka (siswa) dapat melihat tingkat IQ, bakat, minat, jurusan, pekerjaan, kelemahan serta ketahanan belajarnya,” jelas guru BK lulusan Psikologi ini.  Yuli/Syafrial|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKader Posyandu Berprestasi, Deliyarni Masuk 6 Besar Sumbar
Artikel berikutnyaNapoli Cukur Legia Warsawa 3-0 di Stadion Diego Armando Maradona