Suhu di Makkah Mencapai 45 Derjat Celcius, Jamaah Haji Lima Puluh Kota Umrah Malam Hari

Suhu di Makkah Mencapai 45 Derjat Celcius, Jamaah Haji Lima Puluh Kota Umrah Malam Hari
SuhaNews – Suhu yang cukup panas sekitar 45 derjat celcius menyambut jamaah haji memasuki kota Makkah setelah menyelesaikan Arbain di Madinah.
Usai delapan hari berada di Madinah melaksanakan Ibadah Arbain dan serangkaian ibadah lainnya, serta berziarah ke tempat-temapat bersejarah, Jamaah Haji Kabupaten Lima Puluh Kota yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) III Embarkasi Padang bertolak ke Bir Ali atau Zulhulaifah, Rabu (15/6) setelah Salat Subuh, sekitar pukul 06.00 Waktu Arab Saudi.

Bertolaknya jamaah ke Bil Ali adalah untuk mengambil Miqat umrah atau tempat berniat untuk melaksanakan ibadah umrah. Jamaah dihimbau untuk memasang pakaian ihram semenjak di pemondokan di Madainah.

Perjalanan menuju Bir Ali menggunakan bus dan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari hotel di Madinah. Jamaah yang telah berpakaian Ihram, tampak cerah dan penuh semangat menyambut panggilan Allah. Semua jamaah akan melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan ibadah haji. Atau yang lebih dikenal dengan Haji Tamattu’. Di Bir Ali, jamaah langsung masuk masjid untuk melaksanakan salat sunnat dua rakaat dan kembali lagi lagi ke bus masing masing.

Sesampai di bus jamaah secara bersama-sama mengucapkan niat untuk melaksanakan umrah dengan membaca Labbaikallahumma Umratan dan dilanjutkan dengan doa ihram dan membaca Talbiyyah. Bacaan Talbiyyah menggema di dalam bus masing-masing. Tepat pukul 07.30 WAS, jamaah meninggalkan Bir Ali menuju Kota Mekah dengan diiringi Talbiyyah dan sholawat serta doa.

Perjalanan dari Bir Ali menuju Makkah memakan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Sekitar pukul 13.20 WAS, jamaah tiba di Kota Mekah. Usai turun dari bus jamaah langsung menuju pemondokan di Hotel Al Kiswah lantai 16 Tower 1. Jamaah menempati masing-masing kamar yang telah dibagi. Setelah melaksanakan Salat Zuhur, jamaah yang masih tetap berpakaian ihram dihimbau untuk tetap beristirahat di kamar masing-masing atau melaksanakan ibadah sunnah lainnya.

BACA JUGA  H. Irwan Berikan Binwin Bagi 18 Pasang Catin di Pangkalan Koto Baru

Jamaah yang tergabung dalam Kloter III akan melaksanakan ibadah umrah setelah Salat Isya. Hal ini dikarenakan cuaca di Makah yang sangat panas yang mencapai hingga 45 derjat celcius. Tampak hadir pada acara pemberangkatan jamaah menuju Bir Ali, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dan TPHD asal Sumatra Barat, H. Asrat Chan yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Kabupaten Lima Puluh Kota. (AsratChan/Editor:Nina)

Berita Terkait :

makkah makkah makkah makkah 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak69 Guru MTsN 2 Solok Ikuti Workshop Kurikulum Merdeka
Artikulli tjetërBagadincik Masuk Raudhah, Jadi Kenangan Manis Jamaah Kab. Solok di Kota Madinah