Bus NPM, Transport dan ABG Diantara Bus Sumbar Yang Dipercaya Bawa Jamaah Haji

NPM, Transport dan ABG Diantara Bus Sumbar Yang Dipercaya Bawa Jamaah Haji
Bus NPM yang membawa jamaah haji. foto : Rina
SuhaNews – Dengan dibukanya kembali pelaksanaan ibadah haji oleh pemerintah Arab Saudi juga memberi aura positif bagi pelaku transportasi darat di Sumbar. Karena mereka juga kebagian rezeki dari keberangkatan Haji tahun 2022 ini. Diantaranya bus PO. NPM. Transport Express dan ABG.

Diantara perusahaan bus yang ikut berpartsipasi adalah PT. NPM yang dimusim haji sebelumnya melayani pemberangkatan jamaah dari berbagai Kabupaten / Kota dan sebaliknya ke asrama haji dengan bus pariwisata Vircansa Tour Bus.

Bus NPM, Transport dan ABG Diantara Bus Sumbar Yang Dipercaya Bawa Jamaah Haji 1

Namun tahun ini, PT. NPM lebih banyak melayani jamaah dengan dengan bus NPM. Menurut informasi dari crew, bus Vircansa dalam proses peremajaan dan menunggu unit baru keluar karoseri. “Hanya satu bigbus Vircansa yang beroperasi dan empat bus medium,” ujar salah satu awak bus yang enggan disebut namanya saat berbincang dengan SuhaNews di Asrama Haji Embarkasi Haji Padang pada pekan lalu.

Dari pantauan SuhaNews, hanya jamaah calon haji dari Kota Solok yang sepenuhnya menggunakan bus dua unit bus Vircansa medium, karena memang jumlah jamaahnya hanya 51 orang.

Sedangkan jamaah asal Dharmasraya yang datang ke asrama haji menggunakan empat bus, hanya satu bus Vircansa bigbus yang berbody Avante dari karoseri Tentrem. Tiga lainnya adalah bus NPM kelas Executive. Begijuga dengan jamaah dari Pasaman, Tanah Datar dan beberapa daerah lainnya yang menggunakan jasa bus NPM.

Selain NPM, ada bus Transport Expres yang membawa jamaah calon haji dari Pariaman. Tak mau kalah, perusahaan yang berbasis di Lubuk Alung Padang Pariaman ini juga memanjakan dan memberikan pelayanan terbaik pada jamaah sejak keberangkatan hingga sampai di asrama haji Tabing Padang.

Bus NPM, Transport dan ABG Diantara Bus Sumbar Yang Dipercaya Bawa Jamaah Haji 2

Untuk jamaah kota Padang, panitia menggunakan bus pariwisata yang bermarkas di kota Padang yakni PO. Armada Bumi Minang atau ABG. Iring-iringin bus ABG menjadi yang pertama membawa jamaah masuk asrama haji. Selain bigbus, ABG juga menyertakan bus medium.

BACA JUGA  ACT Sumbar Hadirkan Humanity Food Bus bisa Sajikan 5000 Porsi Makanan

Beberapa daerah menggunakan bus pariwisata, seperti Kabupaten Solok dan Kota Payakumbuh yang masuk ke asrama haji sesuai jadwal yang ditentukan oleh Panitia Embarkasi.

Sedangkan untuk angkutan jamaah dari asrama haji menuju bandara, Garuda Indonesia menggunakan bus Damri, tak kurang dari 10 unit armada bigbus didatangkan pihak Damri dari Palembang,

Bus NPM, Transport dan ABG Diantara Bus Sumbar Yang Dipercaya Bawa Jamaah Haji 3

Bagi awak bus, mendapat tugas melayani jamaah haji mrupakan suatu kebanggaan dan ada nilai spritualnya. Seperti yang dituturkan oleh Edi Pinang, pengemudi bus NPM yang ditemui SuhaNews saat membawa jamaah dari Kabupaten Pasaman.

Baginya, diberi tugas membawa jamaah haji ini ada semacam motivasi untuk lebih mendekatkan diri pada Allah dengan memberkuat ibadah seraya berharap suatu saat ini juga diberi kesempatan menjejakan kaki di Tanah Suci untuk bersujud dan bersyukur atas karunianya. Moentjak

Berita Terkait :

BACA JUGA  Genius Umar: Kebersihan Lokasi Wisata Tanggung Jawab Bersama

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBeasiswa APERTI BUMN Dibuka Lagi, Ini Cerita Penerima
Artikulli tjetërWali Kota Solok Tandatangani MoU dengan Universitas Terbuka