Jamaah Haji Kab. Solok Hanya Menyaksikan Jabal Tsur Yang Ditutup Akibat Corona

jamaah haji dari Kabupaten Solok bersama jamaah di kloter IV embarkasi Padang bersiap untuk melaksanakan ziarah ke berbagai situs di Makkah, salah satunya adalah tempat bersejarah
Makkah, SuhaNews – Sejak Senin (20/6) pagi jamaah haji dari Kabupaten Solok bersama jamaah di kloter IV embarkasi Padang bersiap untuk melaksanakan ziarah ke berbagai situs di Makkah, salah satunya adalah tempat bersejarah Jabal Tsur, namun masih tutup akibat corona.

Jamaah Haji Kab. Solok Hanya Menyaksikan Jabal Tsur Yang Ditutup Akibat Corona

Bersama pembimbing ziarah Muhammad Zainal, diagendakan akan mengunjungi Jabal Tsur, Armuna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) tempat penyembelihan hewan untuk membayarkan dam Haji Tamatu’ dan sebelum kembali ke hotel melewati jabal Nur.

Namun sayangnya Jabal Tsur yang merupakan salah satu situs sejarah umat Islam ini masih tutup, sehingga jamaah hanya bisa berfoto didepan gerbang.

Jabal Tsur berada di Selatan kota Makkah dan merupakan salah satu gunung tertinggi disini. Dalam kisahnya, Nabi Muhammad SAW pernah bersembunyi di salah satu gua yang ada untuk berlindung dari kejaran kaum Quraisy.

Jamaah Haji Kab. Solok Hanya Menyaksikan Jabal Tsur Yang Ditutup Akibat Corona 1
Jamaah berfoto didepan gerbang Jabal Tsur yang masih tutup akibat Corona

Saat Nabi bersembunyi di goa tersebut, laba-laba dan burung Merpati bersarang di mulut gua, sehingga kaum Quraisy yang mengejar mengira gua ini kosong tidak berpenghuni dan Alhamdulillah Nabi Muhammad SAW selamat dari kejaran kaum Quraisy tersebut.

Seperti tempat wisata maupun ziarah, di gerbangnya juga ada gambar dan narasi yang menunjukan tentang sejarah Gua Tsur.

Meski tak bisa naik ke atas bukit dan melihat langsung gua tempat Kabi berlindung, jamaah pun mengabadikan momen di depan gerbang ini, baik berkelompok, sendiri-sendiri maupun dengan mahramnya masing-masing. Tita | Yal

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Ziarah ke Armuzna dan Jabal Nur, Jamaah Haji 50 Kota Lihat Situs Bersejarah di Makkah
loading...
Artikulli paraprakGubernur: Lulusan SMK PP Padang Mangateh Miliki Sertifikat Kompetensi Asia Pasific
Artikulli tjetërBupati Agam Hadiri Khatam Alquran MDTA Baiturrahman