Solat Jumat di Masjidil Haram, Jamaah Haji Kab. Solok Nikmati Kesibukan Kota Makkah

Solat Jumat di Masjidil Haram, Jamaah Haji Kab. Solok Nikmati Kesibukan Kota Makkah
Makkah, SuhaNews – Hari kedua berada di Makkah memberikan pengalaman baru bagi jamaah haji Kabupaten Solok terutama yang pria, karena ini kali pertama mengikuti solat Jumat di Masjidil Haram, Jumat (17/6).

Beda dengan di Solok, umumnya jamaah datang ke masjid paling cepat satu jam, setengah jam bahkan hampir masuknya waktu solat Jumat. Apalagi yang memiliki pekerjaan terikat waktu, sering telat datang ke masjid atau sengaja masuk masjid mepet dengan waktu salat.

Solat Jumat di Masjidil Haram, Jamaah Haji Kab. Solok Nikmati Kesibukan Kota Makkah 1

Di Makkah, khususnya Masjidil Haram sudah ramai sejak pagi meski waktu solat masih lama. Tak sedikit jamaah yang menghabiskan waktunya selesai Duha dan tawaf untuk berdiam diri di masjid ini sambil membaca Al Qur’an atau sekedar istirahat melepas lelah sambil menunggu waktu solat masuk.

Jamaah dari kabupaten Solok yang tinggal di hotel Kiswah Tower Satu sudah barangay menuju masjidil Haram sejak pukul 10.00 WIB sebagian ada juga yang lebih awal. Menggunakan bus Salawat nomor 4, jamaah pergi berombongan.

Sampai di Masjidil Haram, sudah ramai dan dapat tempat di lantai 4 yang juga sudah banyak jamaah lain dari berbagai negara. Dari perawakannya, terlihat mereka berasal dari Afrika, Asia Selatan yang diperkirakan dari India, Bangladesh dan sekitarnya dan beberapa juga terlihat perawakan Eropa dengn tubuh tinggi besar berkulit putih. Pakain yang dikenakan pun beragam, ada yang memakai jubah lengkap, ada yang pakai baju koko dengan peci putih yang sudah bisa diduga mereka dari Indonesia atau rumpun Melayu dan terlihat pula yang pakai sarung walau sedikit.

Para jamaah duduk membaur mengisi saf yang disediakan. Sambil menunggu masuk waktu solat Jumat, mereka menghabiskan waktu dengan membaca Al Qur’an dan berzikir. Ada yang membaca mushaf yang sengaja dibawa dalam kantong dan ada juga yang membaca di gadgetnya.

BACA JUGA  2 Bapaslon Bupati Mendaftar di KPU, Kapolres Solok Pimpin Pengamanan

Semua berjalan tertib dan lancar hingga salat selesai yang ditutup dengan doa. Usai salat ada jamaah yang berdiam di masjid sambil mengamati pekerjaan perluasan pembangunan masjid ini, ada yang kembali ke hotel serta ada pula yang sengaja berjalan disekitar Masjidil Haram menikmati suasana kota Makkah.

Solat Jumat di Masjidil Haram, Jamaah Haji Kab. Solok Nikmati Kesibukan Kota Makkah 2

“Alhamdulillah, Allah memberi kesempatan solat Jumat di Masjidil Haram, sungguh suatu pengalaman yang luar biasa bisa bersujud di rumah Allah dan hanya berjarak beberapa puluh meter dari Kiblat,” ujar Nofial Rinaldi yang diminta komentarnya pulang solat tadi siang. Tita

Berita Terkait :

 

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMeningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Melalui Salat 5 Waktu
Artikulli tjetërTutup Tahun Pelajaran, MAN 2 Bukittinggi Gelar Class Metting