Serap Aspirasi Masyarakat Panyakalan, Irzal Ilyas Adakan Silaturrahmi

Irzal Ilyas Serap Aspirasi Masyarakat Panyakalan
Panyakalan, SuhaNews – Serap aspirasi masyarakat, anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat H. Irzal Ilyas Dt Lawik Basa MM, mengadakan silaturrahmi dengan masyarakat Panyakalan Selasa malam ( 21/ 12 ) bertempat di Masjid Jamie’ Jorong Pakan Sabtu Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Kedatangan politisi dari partai Demokrat tersebut disambut hangat oleh Wali Nagari Panyakalan Agus Evatra Dt Bandaro Kayo, bersama tokoh masyarakat, pemuka agama, Remaja Masjid Jamie ( Resmik) serta Jamaah Masjid Jamie Panyakalan.

Wali Nagari dalam sambutannya menyampaikan, karena keterbatasan anggaran nagari, masih banyak pembangunan yang belum bisa di wujudkan.

“Apalagi untuk tahun anggaran 2022 nantinya 30 persen dana desa diperuntukkan untuk BLT guna pemulihan ekonomi di masa pandemi, sehingga pembangunan fisik tidak bisa kita laksanakan, besar harapan kami Pak Irzal bisa membantu kegiatan pembangunan di Panyakalan khususnya yang memang menjadi kewenangan propinsi” ucapnya.

Agus Evatra juga menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi covid 19.

“Bagi masyarakat yang layak vaksin agar mau untuk divaksin, karena sekarang semua layanan publik akan ditangguhkan bagi yang tidak punya sertifikat vaksin, demikian juga segala bantuan pemerintah akan ditunda penyalurannya ” ujar Agus Evatra.

Sementara itu Irzal Ilyas selain menyerahkan bantuan kepada Masjid Jamie sebanyak 20 juta juga menampung segala aspirasi dan keluhan masyarakat.

“Harapan saya semoga uang ini nanti bisa dipergunakan pengurus dalam pembangunan masjid”. Ujar wakil rakyat yang hobby turun ke masyarakat.

Lebih lanjut mantan Wali Kota Solok tersebut juga menyampaikan sebagai anggota dewan dibekali dengan dana pokok pokok pikiran yang bisa disalurkan kepada masyarakat melalui dinas instansi terkait.

” Dana Pokir saya bisa dipergunakan untuk pembangunan jalan, irigasi, pertanian, Ekonomi, UMKN , bantuan rumah ibadah dan sarana pendidikan” terangnya.

BACA JUGA  Jajaran Kemenag Kab.Solok Gelar Upacara HUTRI 76

Selain menyampakan apa apa saja tugas sebagai seorang anggota dewan.lelaki yang akrab dengan masyarakat ini juga menampung aspirasi dari jamaah.

Ada beberapa usulan yang cukup mencuat diantaranya dari H. M Akil yang meminta Musholla yang ada di Panyakalan juga diberikan bantuan karena masih ada beberapa Musholla yang belum memiliki sarana penunjang yang cukup memadai.

Perwakilan kelompok tani H. Guswardi tan pai juga menyampaikan keluhannya terkait irigasi banda laweh yang hingga saat ini sangat diharapkan perbaikannya,karena irigasi tersebut adalah salah satu urat nadi pengairan lahan sawah masyarakat tidak saja Panyakalan namun juga sampai ke Nagari Gaung dan Saok Laweh.

Dari unsur LPMN Yanti Ernoza menyampaikan harapannya terkait pembangunan destinasi wisata yang tengah dikembang di Jorong Mudiek Aie Nagari Panyakalan Puncak Hexagon terkait pengalihan akses jalan, untuk saat ini rencana pembuatan jalan baru sebatas pembukaan awal.

“Jalan ini nantinya bukan hanya saja sebagi akses ke lokasi wisata Puncak Hexagon namun juga besar manfaatnya bagi petani pekebun dalam akses membawa hasil perkebunan nya turun, ujar ketua LPMN tersebut.

Managgapi segala aspirasi dan keluhan masyarakat, politisi urang Solok tersebut mengatakan akan memperjuangkan baik itu melalui dana pokir atau pun anggaran pemerintah lainnya.

“kita nanti akan lihat apa yang jadi kewenangan propinsi tentu kita bisa anggarkan sedangkan kewenangan kabupaten kita akan koordiasikan nanti dengan kawan kawan legislatif kabupaten, silakan nanti diajukan melalui proposal” ujarnya. Oca | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaTP PKK Agam Lakukan Pembinaan di Nagari Ampek Koto Palembayan
Artikel berikutnyaJamaah Masjid Jamie’ Panyakalan Ikut 1 Ton Rendang untuk Semeru